Thursday, February 28, 2013

RPP SMP VIII/2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
A.    Identitas Mata Pelajaran
Nama Sekolah                  : SMP N 13 MALANG
Kelas/Semester                 : VIII/Genap
Mata Pelajaran                  : Matematika
Pokok bahasan                 : Unsur dan Bagian Lingkaran
TahunPelajaran                 : 2012 /2013
Alokasi Waktu                 : 2 x 40 menit (1 pertemuan)
B.     Standar Kompetensi :
Garis Singgung Lingkaran.
C.    Kompetensi Dasar :
Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran.
D.    Indikator:
a.       Kognitif Produk
§  Melukis garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran.
§  Menghitung panjang garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran .
b.      Afektif (Keterampilan Sosial)
1.      Mengembangkan perilaku berkarakter, meliputi :
Teliti, tekun, disiplin, tanggung jawab, pantang menyerah.
2.      Mengembangkan ketrampilan sosial, meliputi:
Menyumbangkan ide , menjadi pendengar yang baik, berlatih berkomunikasi verbal dan tulisan, sistematis dan mendengarkan pendapat teman.
c.       Psikomotor
1.      Melakukan aktivitas melukis garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran.
2.      Melakukan aktivitas menghitung panjang garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran.

E.     TujuanPembelajaran
a.      Kognitif
§  Peserta didik dapat melukis garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran.
§  Peserta didik dapat  menghitung panjang garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran.
b.      Afektif
§  Terlibat dalam proses pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, sambil mengembangkan perilaku berkarakter, meliputi:
Teliti, tekun, disiplin, tanggung jawab, pantang menyerah.
§  Terlibat dalam proses pembelajaran yang berpusat pada peserta didik sambil mengembangkan keterampilan sosial, meliputi:
Menyumbangkan ide , berlatih berkomunikasi verbal dan tulisan, sistematis dan menjadi pendengar yang baik.
§  Disediakan penggaris, jangka dan kertas milimeter, siswa dapat melukis dan menghitung pangjang garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran.

F.     Materi Ajar (Terlampir)
Garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran.

G.    Strategi Pembelajaran :
Pendekatan          : kontruktivisme
Metode                 : Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan.
H.    Langkah-langkah Pembelajaran
No
Kegiatan Belajar Mengajar

Kegiatan Guru

Kegiatan Peserta didik

Metode
Alokasi waktu

1.

Kegiatan Awal
Ø Salam dan berdoa sebelum belajar. (Religius)
Ø Mengecek kehadiran dan mempersiapkan peserta didik.
Ø Menyampaikan materi yang akan dipelajari dan indikator yang ingin dicapai dan menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Ø Memberikan motivasi kepada peserta didik untuk  meningkatkan semangat belajar.
Apersepsi
Ø Mengulas materi sebelumnya tentang menentukan panjang garis singgung lingkaran dan dalil Pythagoras.
 (Rasa Ingin Tahu)
Kegiatan Awal
Ø  Memberikan salam dan berdo’a


Ø  Mendengarkan penjelasan guru





Ceramah
&
Tanya Jawab





10 Menit

2.



Kegiatan Inti
a.    Eksplorasi
Ø Guru memberikan stimulus  berupa materi mengenai garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran  (Tekun)
Ø Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antar siswa dengan siswa serta antara siswa dengan guru. (berlatih berkomunikasi verbal dan tulisan)
Ø Guru melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.  (Tekun)
Buku sumber :
Matematika SMP BSE Kelas VIII karangan Dewi Nurharini dan Tri Wahyuni 178-180

b.    Elaborasi
Ø Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh  soal mengenai cara menentukan panjang garis singgung persekutuan dalam dua lingkran. (Tanggung Jawab)
Ø  Guru memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis. (Tekun)
Ø  Guru memerintah siswa untuk mengumpulkan soal dan jawaban yang telah selesai dikerjakan. (Tanggung jawab)
Buku sumber :
Matematika SMP BSE Kelas VIII karangan Dewi Nurharini dan Tri Wahyuni 178 - 180
Ø  Nilai yang ditanamkan pada siswa :
Teliti, tekun,mampu berkomunikasi, tanggung jawab, pantang menyerah.
c.  Konfirmasi
Ø Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan terhadap keberhasilan peserta didik
Ø  Menunjuk salah satu siswa untuk   menyimpulkan  segala materi yang diberikan kepada siswa. (Tanggung Jawab)

a.      Eksplorasi
Ø  Peserta didik mendengar- kan penjelasan dari guru


















b.      Elaborasi
Ø   Peserta didik memahami dan menulis contoh  dari guru




Ø  Siswa mulai mengarjakan tugas yang diberikan guru



Ø  Semua siswa  mengupulkan jawaban yang telah terselesaikan











c.  Konfirmasi
Ø  Peserta didik mendengarkan umpan balik guru

Ø  Peserta didik menyimpulkan pelajaran yang telah diberikan.






Ceramah



















Diskusi, Tanya jawab, Penugasan






































60 Menit

3.

Penutup
Ø  Guru bersama-sama peserta didik merangkum materi garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran.
Ø  Guru memberikan PR pada siswa.
Ø  Guru menutup kegiatan belajar nengajar dengan doa dan salam (religius)
Ø  Nilai yang ditanamkan pada siswa :
Teliti, tekun, mampu berkomunikasi, tanggung jawab, pantang menyerah.

Ø  Peserta didik membuat rangkuman materi garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran.
Ø  Peserta didik menulis  PR

Ø  Peserta didik berdoa dan menjawab salam






Ceramah






10 Menit

I.       Alat /Bahan/Sumber
·         Alat    : Penggaris, jangka, white board
·         Sumber:
o   Buku paket, yaitu buku Matematika SMP BSE Kelas VIII karangan Dewi Nurharini dan Tri Wahyuni, hal. 178 - 180.
o   Buku paket, yaitu buku Matematika SMP Erlangga Kelas VIII karangan M. Cholik A. Sugijono, hal.106 – 109.
J.      Penilaian dan Program Tindak Lanjut
1.    Prosedur Penilaian
·       Penilaian Kognitif
Jenis                           : Tugas individu.
     Bentuk                       : Uraian.
Penilaian proses          : Keaktifan dalam tanya jawab pada saat proses  pembelajaran (instrumen dan rubrik penilaian terlampir)
Penilaian hasil             : Melalui tugas individu  (instrumen dan kunci serta rubrik penilaian terlampir)
·       Penilaian Psikomotor
     Jenis                            : -
     Bentuk                        : -
·       Penilaian Afektif
Jenis                            : Etika, partisipasi, kehadiran, tanggung jawab.
     Bentuk                        : Lembar pengamatan sikap peserta didik (terlampir).
2.    Instrumen Penilaian
·       Lembar Kerja Siswa     : Terlampir.

LAMPIRAN PENILAIAN
Pokok Bahasan              : Garis Singgung Lingkaran.
Sub Pokok Bahasan       : Garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran.
1.    PENILAIAN HASIL
Penilaian hasil dilihat dari tes akhir pelajaran.

1.1.   Lembar Penilaian Berkarakter
     Format Pengamatan Perilaku berkarakter
No.
Nama Siswa
NIS
Perilaku Berkarakter
Teliti
Tekun
Mampu Berkomunikasi
Tanggung Jawab
Pantang Menyerah
1







2







3







4







5







Dst








Hasil Akhir



Keterangan :
Skor dan Kriteria
A     : skor 4 dengan kriteria menjadi kebiasaan
     B      : skor 3 dengan kriteria mulai berkembang
     C      : skor 2 dengan kriteria mulai tampak
     D     : skor 1 dengan kriteria belum tampak

1.2.   Instrumen Penilaian Kegiatan Individual Lembar Kerja Siswa (LKS)
No
Komponen
Skor
1
2
3
4
I
Proses




II
Hasil perhitungan




III
Presentasi




JumlahSkor
I + II + III =
HasilAkhir

1.3.   Rubrik Penilaian Tugas Individual Lembar Kerja Siswa.
Aspek penilaian
Skor
(1-4)
Keterangan
Proses
Hasil penghitungan
Presentasi
Runtut, logis, rapi, dan terstruktur
Tepat
Lancar dan Paham
4
Sangat baik
Tidak runtut, logis, rapi, terstruktur
Tepat
Lancar
3
Baik
Logis namun tidak rapi dan tidak terstruktur
Tepat
Kurang Lancar
2
Cukup
Tidak logis
Tidak Tepat
Tidak Lancar
1
Kurang

No comments:

Post a Comment