RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
A.
Identitas Mata Pelajaran
Nama Sekolah : SMP N 13 MALANG
Kelas/Semester : VIII/Genap
Mata Pelajaran : Matematika
Pokok bahasan : Unsur dan Bagian
Lingkaran
TahunPelajaran :
2012 /2013
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 pertemuan)
B.
Standar Kompetensi :
Garis Singgung Lingkaran.
C. Kompetensi Dasar :
Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran.
D.
Indikator:
a.
Kognitif Produk
§
Melukis garis singgung
persekutuan dalam dua lingkaran.
§ Menghitung panjang garis singgung persekutuan dalam dua
lingkaran .
b.
Afektif
(Keterampilan Sosial)
1.
Mengembangkan
perilaku berkarakter, meliputi :
Teliti, tekun,
disiplin, tanggung jawab, pantang menyerah.
2.
Mengembangkan ketrampilan sosial, meliputi:
Menyumbangkan ide , menjadi pendengar yang baik,
berlatih berkomunikasi
verbal dan tulisan, sistematis dan mendengarkan
pendapat
teman.
c. Psikomotor
1. Melakukan
aktivitas melukis
garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran.
2. Melakukan
aktivitas menghitung panjang garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran.
E.
TujuanPembelajaran
a.
Kognitif
§
Peserta
didik dapat melukis garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran.
§ Peserta didik dapat menghitung panjang garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran.
b.
Afektif
§
Terlibat dalam proses pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, sambil mengembangkan perilaku berkarakter, meliputi:
Teliti, tekun, disiplin, tanggung jawab, pantang menyerah.
§
Terlibat dalam proses pembelajaran yang berpusat pada peserta didik sambil mengembangkan
keterampilan sosial, meliputi:
Menyumbangkan ide , berlatih berkomunikasi
verbal dan tulisan, sistematis dan menjadi pendengar yang baik.
§
Disediakan penggaris, jangka dan kertas
milimeter, siswa dapat melukis dan menghitung pangjang garis singgung persekutuan dalam dua
lingkaran.
F.
Materi Ajar (Terlampir)
Garis singgung persekutuan
dalam dua lingkaran.
G.
Strategi Pembelajaran :
Pendekatan : kontruktivisme
Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan.
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran
No
|
Kegiatan Belajar Mengajar
|
|||
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Peserta didik
|
Metode
|
Alokasi waktu
|
|
1.
|
Kegiatan Awal
Ø Salam dan berdoa sebelum
belajar. (Religius)
Ø Mengecek kehadiran dan
mempersiapkan peserta didik.
Ø Menyampaikan materi yang
akan dipelajari dan indikator yang ingin dicapai dan menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin
dicapai
Ø Memberikan motivasi kepada
peserta didik untuk meningkatkan
semangat belajar.
Apersepsi
Ø Mengulas materi
sebelumnya tentang menentukan panjang garis
singgung lingkaran dan dalil Pythagoras.
(Rasa Ingin Tahu)
|
Kegiatan Awal
Ø Memberikan
salam dan berdo’a
Ø Mendengarkan
penjelasan guru
|
Ceramah
&
Tanya Jawab
|
10 Menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
Ø Guru memberikan
stimulus berupa materi mengenai garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran (Tekun)
Ø Guru memfasilitasi
terjadinya interaksi antar siswa dengan siswa serta antara siswa dengan guru.
(berlatih berkomunikasi
verbal dan tulisan)
Ø
Guru melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan
pembelajaran. (Tekun)
Buku sumber :
Matematika SMP BSE Kelas VIII karangan Dewi Nurharini dan Tri Wahyuni 178-180
b. Elaborasi
Ø Peserta didik dan
guru secara bersama-sama membahas contoh soal mengenai cara menentukan panjang garis singgung
persekutuan dalam dua lingkran. (Tanggung Jawab)
Ø Guru memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, untuk memunculkan gagasan baru baik secara
lisan maupun tertulis. (Tekun)
Ø Guru
memerintah siswa untuk mengumpulkan soal dan jawaban yang telah selesai
dikerjakan. (Tanggung jawab)
Buku sumber :
Matematika SMP BSE Kelas VIII karangan Dewi Nurharini dan Tri Wahyuni 178
- 180
Ø Nilai
yang ditanamkan pada siswa :
Teliti, tekun,mampu
berkomunikasi, tanggung
jawab, pantang menyerah.
c. Konfirmasi
Ø Guru memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan terhadap keberhasilan peserta didik
Ø Menunjuk salah satu siswa untuk menyimpulkan segala materi yang diberikan kepada siswa. (Tanggung Jawab)
|
a.
Eksplorasi
Ø Peserta didik mendengar- kan penjelasan dari
guru
b.
Elaborasi
Ø Peserta didik memahami dan menulis contoh dari guru
Ø Siswa
mulai mengarjakan tugas yang diberikan guru
Ø Semua siswa mengupulkan jawaban yang telah
terselesaikan
c. Konfirmasi
Ø Peserta didik mendengarkan
umpan balik guru
Ø Peserta didik menyimpulkan pelajaran yang
telah diberikan.
|
Ceramah
Diskusi, Tanya jawab, Penugasan
|
60 Menit
|
3.
|
Penutup
Ø Guru bersama-sama peserta didik merangkum materi garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran.
Ø Guru memberikan PR pada
siswa.
Ø Guru menutup kegiatan belajar nengajar dengan
doa dan salam (religius)
Ø Nilai
yang ditanamkan pada siswa :
Teliti, tekun, mampu
berkomunikasi, tanggung
jawab, pantang menyerah.
|
Ø Peserta didik membuat rangkuman materi garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran.
Ø Peserta didik menulis PR
Ø
Peserta
didik berdoa dan menjawab salam
|
Ceramah
|
10 Menit
|
I.
Alat /Bahan/Sumber
·
Alat : Penggaris, jangka, white board
·
Sumber:
o
Buku paket, yaitu buku Matematika SMP BSE Kelas VIII karangan Dewi Nurharini dan Tri Wahyuni, hal. 178 - 180.
o
Buku paket, yaitu buku Matematika SMP Erlangga Kelas VIII karangan M.
Cholik A. Sugijono, hal.106 – 109.
J.
Penilaian dan
Program Tindak Lanjut
1. Prosedur Penilaian
·
Penilaian Kognitif
Jenis : Tugas individu.
Bentuk : Uraian.
Penilaian proses : Keaktifan
dalam tanya jawab pada saat proses pembelajaran (instrumen dan rubrik penilaian terlampir)
Penilaian hasil : Melalui tugas individu (instrumen dan kunci serta rubrik penilaian terlampir)
·
Penilaian Psikomotor
Jenis :
-
Bentuk :
-
·
Penilaian Afektif
Jenis : Etika, partisipasi, kehadiran, tanggung jawab.
Bentuk :
Lembar pengamatan sikap peserta didik (terlampir).
2.
Instrumen
Penilaian
·
Lembar Kerja Siswa : Terlampir.
LAMPIRAN PENILAIAN
Pokok Bahasan : Garis Singgung Lingkaran.
Sub Pokok Bahasan :
Garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran.
1.
PENILAIAN HASIL
Penilaian
hasil dilihat dari tes akhir pelajaran.
1.1.
Lembar
Penilaian Berkarakter
Format Pengamatan Perilaku berkarakter
No.
|
Nama Siswa
|
NIS
|
Perilaku Berkarakter
|
||||
Teliti
|
Tekun
|
Mampu Berkomunikasi
|
Tanggung Jawab
|
Pantang Menyerah
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Hasil
Akhir
|
|
|
|
Keterangan :
Skor
dan Kriteria
A : skor 4 dengan kriteria menjadi kebiasaan
B :
skor 3 dengan kriteria mulai berkembang
C : skor 2 dengan kriteria mulai tampak
D : skor 1 dengan kriteria belum tampak
1.2. Instrumen
Penilaian Kegiatan Individual Lembar
Kerja Siswa (LKS)
No
|
Komponen
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
I
|
Proses
|
|
|
|
|
II
|
Hasil perhitungan
|
|
|
|
|
III
|
Presentasi
|
|
|
|
|
JumlahSkor
|
I + II
+ III =
|
||||
HasilAkhir
|
|
1.3. Rubrik Penilaian Tugas Individual Lembar Kerja Siswa.
Aspek penilaian
|
Skor
(1-4)
|
Keterangan
|
||
Proses
|
Hasil penghitungan
|
Presentasi
|
||
Runtut, logis, rapi, dan
terstruktur
|
Tepat
|
Lancar dan Paham
|
4
|
Sangat baik
|
Tidak runtut, logis,
rapi, terstruktur
|
Tepat
|
Lancar
|
3
|
Baik
|
Logis namun tidak rapi
dan tidak terstruktur
|
Tepat
|
Kurang Lancar
|
2
|
Cukup
|
Tidak logis
|
Tidak Tepat
|
Tidak Lancar
|
1
|
Kurang
|
No comments:
Post a Comment